Cara membedakan ban copotan ban vulkanisir dan ban suntikan

Ban adalah komponen penting dalam setiap kendaraan karana existensinya yang menjadi benda yang mengalamai gesekan dasar bebas pada titik berat kendaraan yang fungsinya sebagai penahan beban dari keseluruhan bobot kendaraan. Hal inilah yang membuat ban berumur lebih singkat ketimbang sperpat lain pada kendaraan tersebut
Tidak dapat di pungkiri kegunaan ban sangat penting pada laju kendaraan. Tanpa adanya ban sudah pasti kendaraan tersebut tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membedakan ban copotan ban vulkanisir dan ban suntikan (ukir ulang)

Ban copotan
Ban copotan adalah ban yang di dapat dari pergantian ban. Umumnya orang mengganti ban karna ingin merubah ukuran ban menjadi lebih kecil atau menjadi lebih besar.. 




Adapun hal lainya yaitu adalah mengganti merek ban dari yang standar bawaan pabrik menjadi ban yang bermerek di pasaran.
Sekarang ini banyak sekali orang menjual ban copotan di pasaran dunia online yang menggiurkan karna harganya lebih murah dari ban baru juga kondisinya yang masih cukup tebal yang menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli ban copotan tersebut
Ban copotan saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para penggemarnya terlebih para driver ojek online yang hampir stiap hari menggunakan kendaraannya untuk mencari nafkah. Permintaan ban copotan yang sangat banyak diminati membuat orang orang tertentu menjadikan ide-ide baru untuk bekerjasama dengan depcolektor yang pekerjaannya stiap hari menarik motor telat bayar.. Umumnya motor motor kredit  telat bayar yang berusia 3-4 bulan adalah sasaran yang di cari guna kepentingan pengoplosan onderdil kendaraan. Hal inilah yang membuat ban copotan sekarang banyak di jumpai pada sosmed sebagai barang yang diminati karna harganya yg cukuo murah juga kualitasnya yang sangat masih layak untuk di gunakan

Ban vulkanisir
Ban vulkanisir adalah ban daur ulang .


Dimana para pengerajin ban vulkanisir hanya menggunakan tulang ban yang ada di pasaran sebagai bahan untuk di buat kembali menjadi ban baru.. Adapun cara cara pembuatan ban vulkanisir tersebut yaitu dengan membuang sisa sisa compound asli ban hingga ban tersebut tinggal benang-benangnya saja..  kemudian ban yang sudah berbentuk tulang ban yang tampil dengan benang benang saja kembali di balut compound yatng sudah di sediakan.. Ketika ban sudah terbalut dengan karet compound yang baru ban tersebut akan di cetak ulang menggunakan mesin vulkanisir
Dengan suhu yang sudah di tentukan sampai karet kompond matang dan menyatu dengan tulang ban


Ban suntikan ( ban ukir ulang)
Ban suntikan adalah ban yang di buat oleh pengerajin ban di plosok plosok desa
Dengan cara menggeruskan alat suntik pada bagian ban yang masih layak pakai.. Hasil gerusan tersebut di bentuk menyerupai motif kembang ban yang aslinya ..  awalnya ban suntikan di pergunakan untuk ban grobak saja namun karna banyaknya permintaan dari beberapa daerah ban suntikan terus di produksi hingga sampai saat ini ban suntikan juga diperuntukan untuk kendaraan bermotor .. Ban suntikan banyak di jumpai di pinggir2 jalan pada bengkel tambal ban kecil..
Ban suntikan yang mengunakan bahan dasar ban tubles sebenrnya masih bisa di gunakan sampai 6-7 bulan menyesuaikan jarak tempuh kendaraan
Sekian artikel ini semoga bermanfaat






Kata kunci
Ban vulkanisir motor. Ban vulkanisir sepeda motor. Harga ban vulkanisir. Ciri ciri ban suntikan. Ban motor suntikan. Vulkanisir artinya. Membedakan ban asli dan vulkanisir

RECOMENDASI ARTIKEL

Labels